Keuntungan Memakai Aplikasi Kasir Online Bagi Bisnis Baru

19 Maret 2024
Keuntungan Memakai Aplikasi Kasir Online Bagi Bisnis Baru

Ketika Anda membuka usaha baru, khususnya di bidang retail atau pertokoan yang membutuhkan pengolahan transaksi penjualan dalam jumlah banyak, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir online atau program point of sales (POS) untuk membantu pencatatan keuangan. Sebenarnya banyak istilah yang muncul dari point of sales, ada yang menyebut program kasir, program toko, kasir online, aplikasi toko, dan lain sebagainya. Tetapi semua istilah tersebut masuk ke dalam program point of sales.

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah point of sales ini sama dengan mesin kasir atau cash register. Cash register adalah mesin yang biasa kamu temui di supermarket, biasanya menggabungkan sistem laci otomatis dan pencetak struk. Ada perbedaan mendasar dari point of sales dan cash register. Umumnya, cash register tidak terlalu fleksibel dan tidak punya fungsi lengkap seperti stok barang atau laporan lain. Nah, sekarang di sini kita akan membahas bagaimana keuntungan memakai aplikasi kasir online atau point of sales bagi para pebisnis baru.

Proses Transaksi Lebih Mudah dan Terekam dengan Baik

Salah satu poin penting ketika Anda membuka usaha baru adalah pencatatan keuangan harus jelas. Beberapa pebisnis meremehkan hal ini, sehingga pengeluaran dan pemasukan tidak tercatat. Padahal pencatatan keuangan ini bisa berefek langsung dengan target jangka pendek dan jangka panjang. Dengan menggunakan point of sales, segala transaksi masuk dan keluar akan tercatat secara sistematis dan aman. Setiap hari Anda bisa mengecek transaksi penjualan dan setiap bulannya Anda bisa me-review apakah ada kemajuan dari sektor penjualan.

Nilai Plus untuk Branding Bisnis Anda

Selanjutnya, aplikasi kasir online ini bisa menjadi nilai plus untuk branding bisnis Anda. Di dalam sebuah bisnis, branding adalah salah satu poin krusial yang harus Anda bangun. Mungkin di daerah Anda sudah ada 3-4 bisnis sejenis dengan harga yang bersaing. Para pelanggan Anda tentu akan memilih bisnis yang mempunyai branding bagus, misalnya desain toko yang menarik atau sistem promosi yang bagus.

Nah, dengan adanya point of sales atau aplikasi kasir online di bisnis Anda, tentu para pelanggan akan melihatnya sebagai nilai lebih. Point of sales yang ada di bisnis Anda ini akan membuat pelayanan lebih baik, semua jadi tercatat, dan terlihat sangat profesional. Membangun kepercayaan dan branding akan membuat pelanggan bisa datang lagi dan merekomendasikannya ke orang lain.

Membantu Anda dalam Mengambil Keputusan

Mungkin ketika awal-awal membangun bisnis, Anda belum membutuhkan sistem point of sales untuk mengambil keputusan. Tetapi ketika bisnis Anda sudah berjalan 3-6 bulan, Anda akan sangat membutuhkan point of sales untuk mendapatkan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Misalnya ternyata dalam satu bulan, penjualan barang A meningkat tajam dan Anda harus menentukan untuk mengurangi ongkos produksi barang lainnya. Dengan laporan penjualan yang sistematis dan terstruktur, Anda bisa menentukan mana barang yang harus dikurangi ongkos produksinya.

Fitur Point of Sales Bisa Anda Atur Sendiri

Seperti yang ada pada fitur di Foliopos.com, Anda bisa mengatur sendiri fitur apa saja yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda ingin mengatur inventoris produk, bahan baku, serial number, sampai absensi pegawai. Jika perusahaan masih baru, mungkin Anda hanya ingin mengatur proses transaksi saja. Inilah keunggulan dari fitur point of sales, jadi Anda bisa mengurangi fitur-fitur yang masih belum Anda butuhkan.

Keempat manfaat aplikasi kasir online ini akan sangat membantu untuk mengembangkan bisnis, terlebih jika para pesaing Anda masih belum menggunakan fitur point of sales ini. Tentu hal ini akan menjadi nilai lebih. Selamat mencoba.

Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office