Apa yang Dimaksud dengan Software Kasir Online?

19 Maret 2024
Software Kasir Online

Tidak semua orang melek dengan teknologi, khususnya dalam berbisnis. Banyak bisnis besar yang sampai sekarang anti dengan yang namanya teknologi. Coba tengok di pertokoan pinggir jalan kota besar, jarang sekali orang yang menggunakan teknologi seperti software kasir online atau point of sales. Padahal jika dilihat dari laba atau keuntungannya, toko tersebut bisa mendapatkan omset sampai puluhan atau bahkan ratusan juta setiap bulannya.

Keuntungan dari menggunakan teknologi di dalam bisnis ini bisa memudahkan dan membantu dalam mengembangkan bisnis. Misalnya teknologi point of sales yang akan membantu membuat laporan yang akan berdampak langsung kepada pengambilan keputusan. Nah, sekarang kita akan membahas seputar software kasir online atau POS beserta sejarahnya.

Sejarah dari Software Kasir Online

Jika dilihat dari sisi historisnya, software kasir online atau bisa disebut dengan POS ini adalah alat pembayaran elektronik pertama di dunia. Pada 1973, POS pertama kali muncul dengan sebutan cash registers yang di-install di beberapa supermarket di Amerika Serikat. McDonalds sendiri adalah salah satu perusahaan yang menggunakan cash registers pertama kali pada tahun 1974.

Ketika internet mulai marak digunakan pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, beberapa perusahaan teknologi mengembangkan software kasir online. Jadi cash register tidak hanya bisa dipakai di dalam satu toko, tetapi juga terhubung dengan toko lain di beberapa daerah walaupun tidak secanggih sekarang. Baru pada tahun 2000-an awal, teknologi cloud computing mulai mudah digunakan, jadi hampir semua teknologi POS ini dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet.

Lalu Apa yang Dimaksud dengan Software Kasir Online?

Software kasir online atau POS adalah sebuah program yang digunakan untuk mempermudah transaksi atau laporan penjualan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha retail dengan menggunakan sistem yang terstruktur dan tercatat. Pada zaman dahulu, cash register bisa disamakan dengan POS, tetapi sekarang POS sendiri sudah memiliki sistem yang lebih kompleks.

Tidak hanya mencakup software di bagian kasir, tetapi POS juga akan terhubung dengan bagian gudang, penjualan, akuntasi, sampai ke jajaran manajemen. Jadi nantinya semua orang yang mempunyai akses bisa melihat transaksi penjualan dengan hanya sekali klik. Bahkan jika Anda menggunakan software kasir online yang dimiliki oleh Foliopos.com, Anda bisa menggunakannya sebagai absensi pegawai dan bisa dijalankan secara offline.

Manfaat Penggunaan Software Kasir Online

Penggunaan software kasir online ini sebenarnya bisa digunakan oleh siapa saja, tidak perlu menunggu bisnis Anda besar terlebih dahulu. Salah satu manfaat dari software kasir online adalah membantu Anda dalam mengambil keputusan. Anda tidak perlu susah-susah lagi mencari penjualan bulan-bulan lalu untuk melihat barang apa saja yang dibeli.

Selain itu, manfaat dari penggunaan software kasir online adalah untuk meningkatkan branding dari bisnis Anda. Apalagi jika pesaing Anda tidak ada yang menggunakan software kasir online, tentu ini adalah keutungan bagi Anda. Karena dengan menggunakan software tersebut, reputasi, gengsi, dan sisi profesionalitas akan terlihat.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain jika Anda menggunakan software tersebut, seperti misalnya dapat diakses orang banyak, laporan menjadi lebih terstruktur, dan masih banyak lagi. Sekarang tugas Anda adalah menganalisis apakah sudah saatnya bisnis retail Anda menggunakan POS atau belum.

Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office