10 Macam-macam Frozen Food yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha, Favorit!

12 Juli 2024
Thumbnail Macam-macam Makanan Frozen Food
Pasti Sobat Folio sudah tidak asing lagi dengan Frozen Food, bukan? Ya, jenis makanan beku yang lagi populer di kalangan masyarakat. Saat ini kesibukan orang-orang semakin meningkat sehingga membuat mereka mencari solusi yang praktis untuk kebutuhan makanan sehari – hari.

Dengan begitu, kemunculan produk frozen food amat sangat membantu dalam memenuhi asupan makanan harian karena menjadi solusi yang praktis, cepat, dan tahan lama.

Nah, hal ini dapat menjadi ladang bisnis buat Anda dalam membuat usaha. Dengan berbagai macam pilihan, mulai dari makanan siap saji hingga bahan baku makanan yang dibekukan, pasar frozen food terus mengalami perkembangan.

Berikut adalah aneka makanan frozen food yang bisa menjadi inspirasi bagi Sobat Folio yang ingin terjun ke dunia bisnis, simak artikel ini,yuk.

Aneka Sosis

Sosis adalah salah satu makanan frozen food yang terbuat dari berbagai macam olahan daging ayam, sapi, babi, hingga sayuran yang digiling sampai halus yang dicampurkan dengan bawang putih, tepung tapioka atau tepung sagu, merica, garam, gula, ketumbar, dan air es.

Sosis dapat diolah dengan cara digoreng, dipanggang, ditumis atau sebagai bahan campuran sup.  Sosis frozen food ini dapat dijadikan ide usaha yang menguntungkan, karena bisa didistribusikan ke supermarket, minimarket, dan dijual di rumah. selain itu, sosis sangat praktis untuk dimasak, dapat diolah menjadi menu apa saja, mudah untuk dibawa sehingga menjadi favorit banyak orang.

Tempura

Tempura adalah salah satu makanan cemilan khas jepang yang terbuat dari bahan-bahan seperti daging, ikan, udang, sayuran dilumuri dengan adonan tepung dan kuning telur yang memiliki tekstur renyah.

Tempura frozen food ini harus digoreng terlebih dahulu sebelum disantap. Plus dapat dinikmati dengan soba jepang atau udon, atau dengan nasi panas dan diberikan kecap manis. Tempura memiliki berbagai macam jenis, seperti tempura sushi, vegetable tempura, shrimp tempura, dan chicken tempura.

Fish Roll

Berbahan dasar dari daging ikan surimi segar yang dibentuk seperti roll dengan bahan tambahan seperti tepung, sayuran,gula, garam, penyedap rasa, air, dan lain sebagainya.

Meskipun terbuat dari ikan, namun fish roll tidak mudah busuk dan dapat bertahan 3 hingga 5 hari jika simpan dalam suhu beku. Dengan catatan, apabila fish roll beku ini dikemas dengan baik pada suhu yang rendah.

Bakso 

Bakso adalah salah satu varian makanan yang banyak digemari oleh masyarakat dan lazim ditemukan pada masakan indonesia. Makanan ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan daging giling, yang biasanya disajikan dengan kuah yang gurih, mie, bihun, taoge, tahu, dan ditaburi dengan seledri dan bawang goreng.

Bakso dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan proses pembuatannya relatif mudah serta mudah disimpan dalam waktu yang lama. Namun, bagi Sobat Folio yang ingin menjual produk beku ini sangat penting untuk memperhatikan kualitas daging, kemasan yang menarik, dan konsistensi terhadap rasa.

Sayuran Beku

Umumnya sayuran beku ini terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti wortel, brokoli, jagung, buncis, dan masih banyak lagi.

Sayuran frozen ini dapat bertahan dalam waktu yang lama dan praktis untuk disimpan. Sebelum dibekukan, semua sayuran tersebut direbus dahulu dan kemudian dikemas agar tetap segar.

Produk sayuran beku ini sangat cocok untuk orang-orang yang ingin memasak tanpa ribet.

Cilok & Cimol

Cilok (aci dicolok) dan cimol (aci digemol) adalah makanan ringkas yang sangat popular dikalangan anak-anak dan dewasa yang berasal dari Sunda yang terbuat dari tepung tapioka dengan campuran bawang putih, lada, garam, dan kaldu bubuk.

Cilok memiliki bentuk bulat dan memiliki tekstur kenyal yang disantap dengan saus kacang, kecap, dan sambal, atau dengan kuah kaldu. Selain itu, cilok disajikan dengan cara direbus menggunakan air.

Sama halnya dengan cilok, cimol juga memiliki bentuk bulat dan kenyal tetapi disajikan menggunakan taburan bumbu barbeque, jagung, keju, atau balado. Sebelum menyantap cilok Anda harus menggoreng hingga bagian luar terlihat kecoklatan dan garing.

Camilan frozen food ini mudah dibekukan setelah selesai dibuat, untuk nantinya direbus atau digoreng saat ingin disajikan.

Bakpao

Bakpao adalah makanan khas Tionghoa yang popular di Indonesia. Dengan berbahan dasar tepung terigu yang diberi campuran ragi yang membuatnya menjadi mengembang dengan bagian tengahnya diisi dengan daging, kacang hijau, coklat, dan bahan lainnya yang memiliki tekstur lembut dan lezat.

Bakpao beku sangat praktis untuk disimpan dan disajikan. Anda hanya perlu mengukus atau menggorengnya sebelum dimakan.

Nugget Sayuran

Nugget sayuran adalah makanan alternatif selain nugget daging. Tentunya menjadi pilihan terbaik para orang tua untuk makanan anaknya sebab terbuat dari berbagai sayuran seperti wortel, brokoli, bayam, dan jagung. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa mengonsumsi makanan sehat ini.

Penyajian nugget sayur frozen sama dengan nugget daging yaitu dengan cara digoreng dan bagian atasnya dilumuri tepung panir. Makanan frozen foo ini bisa jadi inspirasi usaha karena bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapat dan proses penyimpanannya lama sehingga mengurangi risiko pemborosan makanan.

Pempek 

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka atau tepung sagu. Memiliki berbagai macam varian bentuk seperti kapal selam, lenjer, adaan, dan bulat. Diproses dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian digoreng untuk menyantapnya bersama cuko (kuah pempek).

Pempek bisa menjadi makanan beku siap saji karena dapat disimpan dalam waktu yang lama dan hanya perlu digoreng jika ingin dimakan. Kuah cukonya juga yang dapat disimpan dilemari pendingin untuk jangka waktu yang lama.

Dimsum

Dimsum adalah jenis makanan yang sangat favorit di kalangan masyarakat yang berasal dari negeri Tiongkok. Dimsum bisa berupa siomay, hakau, bakpao kecil yang diisi dengan daging ayam, udang, dan sayur-sayuran. Biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dikukus yang dilengkapi dengan saus cabe atau kecap.

Saat ini, dimsum banyak dijual dalam bentuk frozen food karena mudah disimpan. Untuk menjual dimsum, pastikan makanan ini memiliki rasa yang enak dan memiliki kemasan yang mudah untuk dihangatkan. 

French Fries

French fries atau yang dikenal juga sebagai kentang goreng, adalah salah satu camilan yang digemari dalam kalangan masyarakat. Terbuat dari potongan kentang yang digoreng hingga renyah dan disajikan sebagai pendamping burger, steak, atau dimakan langsung sebagai camilan. Tekstur yang renyah dari french fries membuatnya sangat digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kentang frozen ini juga banyak dicari oleh restoran cepat saji dan hidangan rumahan. 

Aneka Daging, Ayam, Udang, Cumi, dan Ikan

Produk protein daging ayam, sapi, udang, cumi, dan ikan menjadi jenis frozen food yang sangat laris dan umum dijumpai di pasaran. Umumnya daging beku ini tersedia dalam berbagai varian, seperti daging sapi, kambing, dan babi yang berbentuk potongan besar, irisan tipis, atau daging cincang, sedangkan daging ayam biasanya dipotong pada bagian tertentu seperti sayap, dada, paha, fillet, atau potongan dadu.

Untuk makanan beku seafood seperti ikan, udang, cumi, dan lain-lain itu dijual dalam kondisi sudah dibersihkan dan siap untuk dimasak serta juga ada yang berbentuk fillet.

Suki-suki

Suki-suki adalah jenis makanan hot pot yang berasal dari Thailand yang terdiri dari berbagai macam isi seperti daging, sayuran, udang, bakso ikan, mie, dan tofu yang dihidangkan dengan kuah kaldu. Aneka makanan beku ini biasanya dijual dalam bentuk paket yang sudah siap dimasak dan dinikmati bersama keluarga, karena kemudahan inilah menjadikan makanan ini salah satu kegemaran orang-orang.

Tahu Bakso

Tahu bakso adalah kudapan khas Semarang hasil dari kombinasi antara tahu yang tengahnya diisi menggunakan adonan bakso. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan saus bumbu kacang atau irisan cabe rawit dengan kecap.

Tahu bakso memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang unik, dapat dimakan sebagai cemilan atau lauk pauk. Gunakanlah bahan baku yang segar dan berkualitas agar memberikan cita rasa yang enak dan memiliki daya simpan yang lebih panjang.

Itulah aneka frozen food yang bisa menjadi inspirasi bisnis Anda. Agar bisa bersaing dipasaran, pastikan produk-produk tersebut memiliki kualitas terbaik dan disajikan dalam kemasan yang menarik.

Agar pengelolaan usaha frozen food menjadi lebih mudah seperti mengatur stok makanan, memantau hasil penjualan harian, mempercepat transaksi penjualan maka Sobat Folio perlu untuk menggunakan teknologi yang dinamakan aplikasi kasir, namun perlukah teknologi tersebut, baca artikel ini yuk: Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Usaha Frozen Food Sobat Folio.
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office