10 Macam-macam Frozen Food yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha, Favorit!

24 Juni 2024
Thumbnail Macam-macam Makanan Frozen Food
Pasti Sobat Folio sudah tidak asing lagi dengan Frozen Food, bukan? Ya, jenis makanan beku yang lagi populer di kalangan masyarakat. Saat ini kesibukan orang-orang semakin meningkat sehingga membuat mereka mencari solusi yang praktis untuk kebutuhan makanan sehari – hari. Dengan begitu, kemunculan produk frozen food amat sangat membantu dalam memenuhi asupan makanan harian karena menjadi solusi yang praktis, cepat, dan tahan lama.

Nah, hal ini dapat menjadi ladang bisnis buat Anda dalam membuat usaha. Dengan berbagai macam pilihan, mulai dari makanan siap saji hingga bahan baku makanan yang dibekukan, pasar frozen food terus mengalami perkembangan. Berikut adalah beberapa contoh aneka makanan frozen food yang bisa menjadi inspirasi bagi Sobat Folio yang ingin terjun ke dunia bisnis, simak artikel ini,yuk.

Bakso 

Bakso adalah salah satu varian makanan yang banyak digemari oleh masyarakat dan lazim ditemukan pada masakan indonesia. Makanan ini terbuat dari campuran tepung tapioka dan daging giling, yang biasanya disajikan dengan kuah yang gurih, mie, bihun, tauge, tahu, dan ditaburi dengan seledri dan bawang goreng.

Mengingat bakso dapat diproduksi dalam jumlah yang banyak dan proses pembuatannya relative mudah, usaha ini bisa menjadi pilihan ideal untuk Anda jual sebagai jenis makanan frozen food.

Selain itu, bakso juga menjadi makanan yang dapat disimpan dalam waktu yang lama. Namun, bagi Sobat Folio yang ingin menjual produk ini sangat penting untuk memperhatikan kualitas daging, kemasan yang menarik, dan konsistensi terhadap rasa.

Tahu Bakso

Tahu bakso adalah kudapan khas semarang hasil dari kombinasi antara tahu yang tengahnya diisi menggunakan adonan bakso. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan saus bumbu kacang atau irisan cabe rawit dengan kecap.

Tahu bakso memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang unik, dapat dimakan sebagai cemilan atau lauk pauk. Bisnis ini cocok untuk dijadikan jenis usaha frozen food karena mudah dibekukan, dan tahan lama. Gunakanlah bahan baku yang segar dan berkualitas agar memberikan cita rasa yang enak dan memiliki daya simpan yang lebih lama.

Cilok & Cimol

Cilok (aci dicolok) dan cimol (aci digemol) adalah makanan ringkas yang sangat populer dikalangan anak-anak dan dewasa yang berasal dari Sunda yang terbuat dari tepung tapioka dengan campuran bawang putih, lada, garam, dan kaldu bubuk.

Cilok memiliki bentuk bulat dan memiliki tekstur kenyal yang disantap dengan saus kacang, kecap, dan sambal, atau dengan kuah kaldu. Selain itu, cilok disajikan dengan cara direbus menggunakan air.

Sama halnya dengan cilok, cimol juga memiliki bentuk bulat dan kenyal tetapi disajikan menggunakan taburan bumbu barbeque, jagung, keju, atau balado. Sebelum menyantap cilok Anda harus menggoreng hingga bagian luar terlihat kecoklatan dan garing.

Cimol dan cimol merupakan produk yang bisa dibekukan setelah dibuat untuk nantinya direbus atau digoreng saat ingin disajikan. Hal ini membuatnya menjadi produk frozen food yang praktis dan mudah dijual. Jenis frozen food ini bisa Sobat Folio jadikan usaha rumahan selain membuatnya gampang, makanan ini juga dapat bertahan lama.

Bakpao

Bakpao adalah makanan khas Tionghoa yang popular di Indonesia. Dengan berbahan dasar tepung terigu yang diberi campuran ragi yang membuatnya menjadi mengembang dengan bagian tengahnya diisi dengan daging, kacang hijau, coklat, dan bahan lainnya yang memiliki tekstur lembut dan lezat.

Bakpao beku sangat praktis untuk disimpan dan disajikan. Anda hanya perlu mengukus atau menggorengnya sebelum dimakan. Jika Anda ingin menjual makanan ini, pastikan bakpao tetap memiliki tekstur yang lembut setelah dikukus maupun digoreng. Buatlah bakpao dalam berbagai varian isi untuk menambah daya tarik.

Nugget Sayuran

Nugget sayuran adalah makanan alternatif selain nugget daging. Tentunya menjadi pilihan terbaik para orang tua untuk makanan anaknya sebab terbuat dari berbagai sayuran seperti wortel, brokoli, bayam, dan jagung. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa mengonsumsi makanan sehat ini.

Penyajian nugget sayur sama dengan nugget daging yaitu dengan cara digoreng dan bagian atasnya dilumuri tepung panir. Contoh Makanan ini bisa jadi inspirasi bagi Sobat Folio yang ingin membuka bisnis kuliner frozen food sebab nugget sayur dapat disimpan dalam waktu yang lama jika proses pembekuan nya tepat sehingga mengurangi risiko pemborosan makanan. Di samping itu, untuk menarik perhatian konsumen buatlah kemasan yang menarik dengan menyertakan kandungan nutrisi yang jelas.

Pempek 

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka atau tepung sagu. Memiliki berbagai macam varian bentuk seperti kapal selam, lenjer, adaan, dan bulat. Diproses dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian digoreng untuk menyantapnya bersama cuko (kuah pempek).

Usaha pempek frozen food ini bisa menjadi pilihan Sobat Folio untuk memulai bisnis sebab makanan ini dapat dibekukan dan disimpan dalam waktu yang lama dan hanya perlu digoreng jika ingin dimakan. Begitu juga dengan kuah cukonya yang bisa bertahan lama jika disimpan dilemari pendingin.

Dimsum

Dimsum adalah contoh makanan yang sangat favorit di kalangan masyarakat yang berasal dari negeri Tiongkok. Dimsum bisa berupa siomay, hakau, bakpao kecil yang diisi dengan daging ayam, udang, dan sayur-sayuran. Biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dikukus yang dilengkapi dengan saus cabe atau kecap.

Saat ini, dimsum banyak dijual dalam bentuk frozen food karena tahan lama dan mudah disimpan. Untuk menjual dimsum, pastikan makanan ini memiliki rasa yang enak dan memiliki kemasan yang mudah untuk dihangatkan. Aneka makanan beku dimsum ini bisa jadi contoh Sobat Folio untuk merintis bisnis ya.

French Fries

French fries atau yang dikenal juga sebagai kentang goreng, adalah salah satu camilan yang digemari dalam kalangan masyarakat. Terbuat dari potongan kentang yang digoreng hingga renyah dan disajikan sebagai pendamping burger, steak, atau dimakan langsung sebagai camilan. Tekstur yang renyah dari french fries membuatnya sangat digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Mengingat makanan ini dapat disimpan dalam waktu yang lama, sehingga cocok untuk menjadi stok makanan bagi orang-orang. Selain itu, produk ini banyak dicari oleh restoran cepat saji dan hidangan rumahan. Jadi, contoh makanan beku ini pas untuk Sobat Folio yang ingin membuka usaha frozen food karena bahanya gampang ditemukan dan mudah untuk dibuat, namun sebelum menjualnya pastikan untuk menjaga kualitas produk agar tetap bagus, kentang tetap memiliki tekstur yang renyah walaupun dibekukan, dan dikemas secara menarik.

Aneka Daging, Ayam, Udang, Cumi, dan Ikan

Produk protein daging ayam, sapi, udang, cumi, dan ikan menjadi jenis frozen food yang sangat laris dan umum dijumpai di pasaran. Umumnyanya daging beku ini tersedia dalam berbagai varian, seperti daging sapi, kambing, dan babi yang berbentuk potongan besar, irisan tipis, atau daging cincang, sedangkan daging ayam biasanya dipotong pada bagian tertentu seperti sayap, dada, paha, fillet, atau potongan dadu.

Macam-macam seafood beku seperti ikan, udang, cumi, dan lain-lain itu dijual dalam kondisi sudah dibersihkan dan siap untuk dimasak serta juga ada yang berbentuk fillet.

Produk ini bisa menjadi pilihan Sobat Folio untuk memulai bisnis frozen food karena memiliki daya tahan yang lama, praktis dan laris di kalangan konsumen.

Suki-suki

Suki-suki adalah jenis makanan hot pot yang berasal dari Thailand yang terdiri dari berbagai macam isi seperti daging, sayuran, udang, bakso ikan, mie, dan tofu yang dihidangkan dengan kuah kaldu. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk paket yang sudah siap dimasak dan dinikmati bersama keluarga, karena kemudahan inilah menjadikan makanan ini salah satu kegemaran orang-orang.

Bagi Sobat Folio yang ingin menjual suki-suki, perhatikanlah kualitas bahan-bahan yang digunakan baik dari sisi kesegaran, kebersihan, dan tekstur. Gunakanlah kemasan yang menarik dengan informasi penyajian yang jelas agar mengundang perhatian pembeli.

Aneka Sosis

Sosis adalah makanan yang terbuat dari berbagai macam olahan daging ayam, sapi, babi, hingga sayuran yang digiling sampai halus yang dicampurkan dengan bawang putih, tepung tapioka atau tepung sagu, merica, garam, gula, ketumbar, dan air es.

Sosis beku ini bisa diolah dengan cara digoreng, dipanggang, ditumis atau sebagai bahan campuran sup. Makanan sosis beku ini dapat Anda jadikan ide macam frozen food yang dijual, karena bisa didistribusikan ke supermarket, minimarket, atau dijual di rumah. selain itu, sosis sangat praktis untuk dimasak, dapat diolah menjadi menu apa saja, mudah untuk dibawa, dapat disimpan dalam waktu yang lama sehingga menjadi favorit banyak orang untuk dibeli.

Tempura

Tempura adalah salah satu makanan cemilan khas jepang yang terbuat dari bahan-bahan seperti daging, ikan, udang, sayuran dilumuri dengan adonan tepung dan kuning telur yang memiliki tekstur renyah. Makanan tempura ini dapat disantap dengan soba jepang atau udon, atau dapat dinikmati dengan nasi panas dan diberikan kecap manis.

Tempura memiliki berbagai macam jenis, seperti tempura sushi, vegetable tempura, shrimp tempura, dan chicken tempura. Untuk membuat tempura sebagai usaha makanan beku maka Anda harus memastikan untuk memilih bahan yang segar agar dapat disimpan lebih lama.

Itulah macam-macam produk frozen food yang bisa menjadi inspirasi bisnis Anda. Agar bisa bersaing dipasaran, pastikan produk-produk tersebut memiliki kualitas terbaik dan disajikan dalam kemasan yang menarik.

Agar pengelolaan usaha frozen food menjadi lebih mudah seperti mengatur stok makanan, memantau hasil penjualan harian, mempercepat transaksi penjualan maka Sobat Folio perlu untuk menggunakan teknologi yang dinamakan aplikasi kasir. Namun perlukah aplikasi kasir untuk menjalankan usaha? Simak artikel ini, yuk: Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Usaha Frozen Food Sobat Folio.
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office