Inilah 3+ Jenis Laporan Stok Barang yang bisa Anda dapatkan di Foliopos

11 Mei 2024
Jenis Laporan Stok Barang Foliopos
Apakah sobat Foliopos pernah merasa bingung karena tidak ada informasi yang jelas tentang pergerakkan stok?

Sudah membuat dalam bentuk manual tapi masih berantakan dan tidak bisa membuat keputusan kapan stok baru harus diisi?

Tidak perlu khawatir, kini aplikasi kasir Foliopos hadir untuk memudahkan Sobat Folio untuk melihat berbagai jenis laporan stok secara real-time, lho.

Apa saja tipe laporannya? Baca artikel ini, yuk.

Apa itu Laporan Stok Barang?

Singkatnya, laporan stok barang adalah fitur yang ada di software kasir folio yang digunakan untuk melihat jumlah persedian barang yang masih tersedia di toko Anda.

Fitur laporan ini juga membantu Anda untuk melacak pergerakan stok dalam kurun waktu tertentu maupun melihat pergerakan stok dari salah satu produk saja.

Intinya, laporan ini di desain untuk memudahkan Sobat Foliopos memantau, mengelola, dan mengambil keputusan secara menyeluruh mengenai persediaan barang.

Apa saja Jenis-jenis Laporan Stok Barang yang ada di Aplikasi Foliopos?

Saat ini, aplikasi kasir foliopos menyediakan 4 ragam laporan stok, di antaranya:

1. Laporan stok saat ini

Laporan ini berguna untuk menampilkan jumlah persediaan stok produk yang ada di toko Anda.

Pada laporan ini juga terdapat informasi mengenai minimum stok yang berfungsi untuk memberitahu Anda jumlah stok minimal suatu produk yang harus ada di toko Anda.

Contoh, katakanlah Anda memiliki stok produk Bedak Bayi sebanyak 100 buah dan kemudian Anda ingin menetapkan, jika jumlah stoknya mencapai 20 maka bedak bayi tersebut harus dipesan atau dibeli lagi dari supplier. Nah, jumlah minimum stok tersebut akan ada di laporan.

Selanjutnya, terdapat informasi tentang berapa banyak produk yang harus dipesan lagi. 

Contoh, dari stok bedak bayi sebanyak 100 buah dengan minimum stok 20 buah dan jika produk menipis akan dipesan sebanyak 130 buah lagi.

Disclaimer: “laporan stok saat ini” belum ada fitur notifikasi otomatis dan Anda hanya bisa melihat secara manual dengan mengakses secara langsung  fitur laporan tersebut dan laporan ini hanya bisa diakses oleh user/admin. 

Hal ini pastinya membantu Sobat Folio untuk mengingat dan membuat aturan yang lebih jelas untuk usaha yang sedang dijalani.

2. Laporan buku stok

Selanjutnya, buku stok yang berfungsi untuk melihat pergerakan stok dari salah satu produk yang Anda pilih di waktu tertentu.

Pada laporan ini Anda bisa melihat informasi mengenai stok awal, jumlah stok yang masuk dan keluar, sampai stok terakhir yang masih ada.

Misalnya, Anda ingin melihat stok Pop Mie Cup Soto di bulan lalu, maka hasil laporan akan menampilkan pergerakkan stok dari mulai tanggal, jumlah stok yang masuk, keluar, stok akhir beserta keterangannya.

3. Laporan riwayat stok

Berbeda halnya dengan laporan buku stok yang hanya bisa menampilkan stok produk yang dicari saja, maka laporan riwayat stok bisa menampilkan seluruh pergerakkan stok barang yang toko Anda punya.

Adapun informasi yang ada di dalamnya yaitu stok saat ini, stok awal, pergerakkan stok in dan out berdasarkan tanggal sampai dengan stok akhir.

4. Laporan bahan baku saat ini

Selain tiga jenis laporan di atas, foliopos juga menyediakan laporan bahan baku yang digunakan untuk memantau jumlah bahan baku yang ada dan berapa banyak barang yang harus dipesan lagi jika stok sudah akan habis.

Semua jenis laporan tersebut dapat di download atau diunduh dalam bentuk Excel.

Keuntungan Apa Saja yang Anda dapat Jika Menggunakan Laporan Stok Barang?

Pastinya, jika usaha Sobat Foliopos memiliki laporan stok barang akan memiliki kelebihan sebagai berikut:

1. Kejelasan dari stok barang: laporan stok akan memberikan gambaran tentang jumlah stok yang tersedia secara jelas. Hal ini akan membantu Anda menghindari kekurangan dan kelebihan stok.

2. Efisiensi dalam pembelian: Anda dapat merencanakan berapa banyak produk yang perlu dibeli demi mengurangi risiko pemborosan.

3. Pengambilan keputusan lebih baik: laporan stok akan memberikan data untuk Anda mengambil keputusan. Misalnya, dari laporan tersebut Anda dapat mengidentifikasi produk yang paling diminati sehingga bisa meningkatkan persediaan produk.

4. Menentukan penempatan barang dengan tepat: Anda juga dapat mengatur peletakkan barang di toko dengan lebih efisien. Contohnya, dari data laporan menunjukkan bahwa ada beberapa produk yang selalu laris dan stoknya selalu habis. Maka, Anda bisa meletakkan produk tersebut di area yang mudah dijangkau dan dilihat oleh pelanggan.

Mari Kelola Stok Anda Lebih Efisien dalam Berbagai Macam Laporan Foliopos!

Tidak perlu merasa khawatir lagi untuk mengelola persedian barang Anda. 

Kini, Foliopos hadir untuk membantu Anda memantau stok yang tersedia sehingga dapat membuat keputusan yang akurat dan terperinci untuk mengambil keputusan terkait pengadaan barang selanjutnya.

Manfaatkan ragam laporan usaha dari Foliopos dengan mendaftarkan toko Anda. Coba gratis sekarang.
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office