9 Jenis Laporan Penjualan Foliopos yang Bakal Mempermudah Usaha Anda

24 Mei 2024
Thumbnail Jenis Laporan Penjualan Foliopos
Bagi pemilik usaha menyusun, mengelola, dan memahami data penjualan menjadi suatu keharusan dan bisa juga menjadi sebuah tantangan. Ditambah lagi, harus memilih mana jenis laporan yang sesuai dengan bisnis.

Dengan banyaknya jenis laporan penjualan yang tersedia, seperti laporan penjualan per hari, per bulan, per produk, hingga per metode pembayaran pastinya akan sulit untuk menentukan mana laporan yang paling relevan dan bermanfaat untuk usaha Sobat Folio nih.

Untungnya, Sobat Folio ada pada artikel yang tepat. Foliopos, aplikasi kasir yang menawarkan berbagai jenis laporan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam bisnis. Yuk, simak ulasan berikut sampai akhir, ya.

Laporan Aktivitas Penjualan Per Jam

Laporan yang berfungsi untuk memantau pergerakan jumlah transaksi toko setiap jamnya selama 24 jam. Dengan informasi ini, Sobat Folio dapat mengidentifikasi kapan waktu teramai dan tersepi dalam sehari, sehingga Sobat Folio bisa menyesuaikan jam buka, jumlah karyawan, persediaan stok barang, hingga membuat promosi di jam-jam tertentu.

Laporan Jumlah Penjualan Per Hari

Laporan ini memberikan ringkasan jumlah total penjualan yang dilakukan setiap harinya. Laporan ini tentunya sangat berguna untuk memantau kinerja harian dan membandingkan penjualan dengan hari-hari sebelumnya. Adapun informasi yang terdapat pada laporan ini adalah tanggal transaksi, total penjualan, diskon, pajak, margin kotor, HPP, laba kotor, sampai total penjualan bersih. Dengan demikian, Sobat Folio akan mendapatkan informasi apakah penjualan hari ini mendapatkan keuntungan atau tidak.

Laporan Jumlah Penjualan Per Bulan

Laporan yang menyajikan total penjualan yang terjadi setiap bulan. Sama halnya dengan laporan per hari, di sini Sobat Folio juga akan mendapatkan informasi yang sama, namun dengan penambahan data rata-rata penjualan (per hari dan per transaksi) serta total dan rata-rata transaksi. Laporan ini akan membantu Sobat Folio untuk mengidentifikasi tren penjualan jangka panjang, mengevaluasi seberapa efektif strategi pemasaran yang dilakukan, dan merencanakan anggaran untuk bulan-bulan yang akan datang.

Laporan Jumlah Penjualan Per Periode

Berguna untuk menampilkan total penjualan yang terjadi setiap periode yang dipilih. Misalnya, Anda ingin melihat hasil penjualan dari tanggal 1 sampai 31 mei dengan memilih 3 periode, maka laporan akan menampilkan hasil penjualan tiga bulan ke belakang yaitu Februari – Maret, Maret – April, dan 1 Mei – 31 Mei. Contoh ke 2, jika Anda ingin melihat informasi dari bulan 1 April – 31 Mei dalam 2 periode, maka hasil penjualannya dari Januari – Maret, 1 April – 31 Mei. Contoh ke 3, jika Anda memilih tanggal 23 April - 30 April (seminggu), kemudian Anda memilih 4 periode maka sistem akan menampilkan laporan per minggu. Dengan informasi ini akan membantu Sobat Folio untuk mengevaluasi pertumbuhan penjualan dari berdasarkan periode bulan yang ditentukan.

Laporan Penjualan Per Struk

Laporan ini digunakan untuk melihat riwayat transaksi individu secara detail yang terjadi dalam waktu tertentu. Hal ini memungkinkan Sobat Folio untuk melihat dengan jelas barang yang terjual dan kapan waktunya. Data ini terdiri dari tanggal, nama pegawai, nama pelanggan, nama barang, status pesanan, harga, jumlah, total, diskon, pajak, total pembayaran, tipe pembayaran, dan status transaksi (berhasil atau void). 

Jenis Pembayaran Perbulan

Menampilkan total jenis pembayaran yang dilakukan pelanggan dalam satu bulan, seperti tunai, kartu debit/kredit, atau pembayaran digital. Dengan memahami laporan ini, bisnis dapat menyesuaikan pembayaran dengan keinginan pelanggan, menghapus jenis pembayaran yang jarang digunakan, dan membuat promosi dengan menggunakan metode pembayaran tertentu.

Laporan Tutup Kasir

Laporan ini merangkum jumlah transaksi pada setiap mesin kasir (register). Contoh, jika toko Anda memiliki tiga kasir maka aplikasi kasir Foliopos akan menampilkan jumlah transaksi penjualan berdasarkan masing-masing metode pembayaran beserta waktu buka dan tutup toko dari setiap mesin kasir.

Laporan Uang Masuk dan Keluar

Digunakan untuk menampilkan jumlah uang masuk dan uang keluar pada toko. Perlu diingat bahwa, uang masuk dan keluar yang dimaksud adalah uang yang sengaja dipersiapkan di laci kasir yang tidak berhubungan dengan transaksi penjualan, biasa nya digunakan untuk uang modal kembalian, uang bensin, dan pembelian ATK. Laporan ini berisi informasi kas kecil dari tiap-tiap mesin kasir. Misalnya, kasir 1 total uang masuk atau keluarnya berapa, begitu juga dengan mesin kasir berikutnya yang ada di toko tersebut.

Laporan Hapus Transaksi Produk

Laporan ini berfungsi untuk menghindari penipuan transaksi yang dilakukan oleh petugas kasir. Contohnya, jika ada stok yang minus, di transaksi selalu pas maka laporan ini dapat mentracking produk apa yang telah dihapus oleh pegawai tersebut.

Manfaat Penting Laporan Penjualan Foliopos

Adanya laporan penjualan dari aplikasi kasir Foliopos akan memberikan manfaat yang begitu besar bagi usaha Sobat Folio. Bukan hanya melihat performa penjualan, namun juga membantu memahami perilaku pelanggan, dan membuat keputusan strategis yang tepat.

Memantau Performa Penjualan

Dengan adanya laporan penjualan per jam, per hari, per bulan, hingga per periode sudah memberikan gambaran yang jelas tentang untung atau ruginya pendapatan, tercapai atau tidaknya target, dan tren penjualan toko dari waktu ke waktu.

Meningkatkan loyalitas pelanggan

Laporan ini juga membantu toko untuk memahami perilaku dan kegemaran pelanggan toko. Anda dapat melihat produk mana yang paling laris di kalangan pelanggan, tipe pelanggan seperti apa yang sering membeli, dan dari mana mereka berasal. Dengan demikian, Anda dapat memberikan penawaran dengan harga khusus bagi pelanggan tertentu

Membuat keputusan strategis

Dari laporan yang ada di program kasir Folipos, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan seperti menentukan produk mana yang harus dipromosikan lebih gencar, strategi pemasaran mana yang paling pas dan efektif, dan membantu dalam merencanakan anggaran dan persediaan stok.

Memenuhi persyaratan hukum dan pajak

Biasanya otoritas pajak memerlukan bukti penjualan Anda untuk pelaporan pajak. Dengan laporan penjualan yang akurat menghindari Anda untuk dikenakan denda atau penalti oleh pemerintah.

Itulah, jenis-jenis dari laporan penjualan yang ada di aplikasi POS kasir Folio beserta manfaatnya. Bukan hanya itu saja, Folio POS juga memiliki jenis laporan lain seperti laporan produk, laporan stok barang, laporan komisi karyawan, laporan metode pengiriman, dan laporan absensi. Yuk, lihat di sini: Fitur Folio POS.

Nah, untuk memudahkan pengelolaan usaha Anda agar dapat meningkatkan efisiensi operasional, Sobat Folio bisa menggunakan teknologi aplikasi kasir. Tunggu apa lagi, Sobat? Yuk, pantau selalu toko Anda menggunakan laporan penjualan dari Foliopos sekarang: Daftar di sini!
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office